S Pink Premium Pointer Thank You for Visiting My Blog / I Hope You Enjot It / Please share Resensi Novel { Pearl of China } | dreams and hopes

Resensi Novel { Pearl of China }

by 01.15 0 komentar

Judul : Pearl of China
Penulis : Anchee Min
Penerjemah : Rika Iffati Farihah
Penerbit : Qanita
Tahun terbit : 2011
Cetakan : Pertama

         
Anchee Min tinggal di China selama 27 tahun. Lahir di Shanghai pada 1957, dia tumbuh dalam Revolusi Budaya Mao. Sebagai seorang remaja, dia diajarkan untuk menentang Pearl S. Buck yang dianggap sebagai imperialis budaya asal Amerika. Dia disuruh untuk menulis ulasan atau pun cerita buruk tentang Pearl S. Buck oleh Madam Mao. Namun ketika dia bermigrasi ke Amerika dia mengetahui bahwa Pearl S. Buck telah menumbuhkan cinta orang Amerika kepada orang China melalui buku karangan Pearl S. Buck sendiri yang berjudul The Good Earth. Dan saat itulah Anchee Min terbayang tentang Pearl of China.
          “Yang kukenal selain orantua dan adikku adalah bangsa kalian. Aku khawatir suatu hari ayahku akan memutuskan untuk kembali ke Amerika. Aku tak bisa membayangkan akan pergi meninggalkan China.” Itulah ungkapan cinta Pearl S. Buck, putri seorang misionaris asal Amerika yang begitu memuja China dan menganggap Amerika tidak lebih dari sebuah tanah air yang asing. Bersama sahabatnya, Willow, seorang China tulen yang tertangkap tengah mencuri di rumah Pearl, Pearl memiliki hidup yang indah di China selama masa kecilnya.
          Namun, saat perang di China meledak, situasi berubah sepenuhnya! Pearl kembali ke Amerika untuk mengungsi. Awalnya Pearl tidak mau meninggalkan sahabat hidupnya itu, namun kenyataan berkata lain. Keadaan itu makin diperparah dengan Revolusi Budaya Mao yang sangat kejam. Pearl yang berada di Amerika mencoba untuk menentang Mao, begitu juga Willow, dia juga berusaha untuk menentang Mao. Lalu bagaimana kondisi mereka ketika politik mencoba menggoncang persahabatan mereka, menyiksa jiwa mereka, bahkan nyawa mereka? Akan kah Pearl dapat bertemu kembali dengan sahabat yang sangat dicintainya atau China yang selalu dia banggakan?
          Buku setebal 390 halaman ini akan membuat pembaca memasuki dunia Pearl dan Willow di China dan benar – benar merasakan situasi ataupun kondisi di sana.  Novel yang diadaptasi dari kisah nyata hidup Pearl S. Buck akan membuka hati kita untuk melihat persahabatan sejati yang menembus ruang dan waktu sekaligus menembus semua tantangan. Selamat membaca .. J



Karina Octavia

Developer

Cras justo odio, dapibus ac facilisis in, egestas eget quam. Curabitur blandit tempus porttitor. Vivamus sagittis lacus vel augue laoreet rutrum faucibus dolor auctor.

0 komentar:

Posting Komentar