S Pink Premium Pointer Thank You for Visiting My Blog / I Hope You Enjot It / Please share Resensi Novel { Menjadi Djo } | dreams and hopes

Resensi Novel { Menjadi Djo }

by 09.37 0 komentar
Resensi Buku
Judul             : Menjadi Djo
Penulis           : Dyah Rinni
Penerbit        : PT. Gramedia Pustaka Utama
Tahun Terbit : 2014
Cetakan         : Pertama

 
          Dyah Rinni adalah penulis, editor, dan trainer di bidang kepenulisan. Karya-karyanta beragam, mulai dari serial detektif untuk remaja yaitu Detektif Imai, roman seperti  Marginalia hingga teenlit seperti Unfriend You. Dan Unfriend You inilah karyanya yang paling terkenal. Ia juga aktif di dalam komunitas penulis khusus perempuan Women’s Script & Co. Novel Menjadi Djo adalah sebuah novel yang terinspirasi dari kisah nyata seorang direktur perusahaan pengiriman terbesar di Indonesia.
       Apa karena hanya lahir di Indonesia, otomatis kita menjadi orang Indonesia.-A Guan-
         A Guan dan keluarganya adalah salah satu keluarga keturunan Cina yang tinggal di Medan. Meskipun berasal dari keluarga yang memiliki garis keturunan langsung dari Cina, A Guan mau berteman dengan bocah pribumi, Yanto. Sama seperti anak-anak pada umumnya, A Guan benci sekolah, apalagi ada Swan Tiem yang selalu mengejek A Guan karena mau berteman dengan pribumi.
Tak lama kemudian tersiar berita mengenai PKI yang memulai kerusuhan dengan membunuh beberapa jenderal di Ibu Kota. Tersebar pula isu yang mengatakan intervensi pemerintah Cina pada peristiwa tersebut. Suasana kebencian terhadap keturunan Cina merebak hingga ke Medan dan menyebabkan A Guan dan keluarganya harus pindah ke Jakarta. A Guan dan keluarganya juga harus mengganti nama mereka agar dapat menyatu dengan pribumi. Dan A Guan mengganti namanya menjadi Djohan.
Di kehidupan barunya, Djohan belajar banyak hal. Mulai dari persahabatan tanpa memandang suku, ras, maupun agama, dan berjuang mengatasi masalah ekonomi keluarga yang naik turun. Djohan juga belajar tentang pertingnya menjadi Indonesia. Menjadi Indonesia bukan dilihat dari fisik, tetapi dimana jiwa berada. Novel setebal 290 halaman ini sangat sarat dengan isu yang sekarang ini terjadi, yaitu SARA. Melalui novel ini, pembaca diajak melihat melalui kacamata yang berbeda tentang definisi menjadi Indonesia. Selamat membaca. 

Karina Octavia

Developer

Cras justo odio, dapibus ac facilisis in, egestas eget quam. Curabitur blandit tempus porttitor. Vivamus sagittis lacus vel augue laoreet rutrum faucibus dolor auctor.

0 komentar:

Posting Komentar